PEMBUKTIAN !! MEMBONGKAR KEPALSUAN AKUN FB DENGAN FOTO PROFIL BAJAKAN (GOOGLE DAHSYAT VOL. 2)

Awalnya saya mengurungkan niat untuk memposting lanjutan dari artikel saya yang lalu, tentang "GOOGLE DAHSYAT !! MENCARI GAMBAR DENGAN GAMBAR", namun setelah ada pertanyaan dari seorang teman, akhirnya saya putuskan untuk memposting lagi. Posting kali ini saya akan menampilkan 3 (tiga) target contoh akun facebook seseorang yang ternyata setelah kita telusuri menyertakan foto profil bajakan alias palsu.

Namun  perlu diingat, bahwa TARGET PEMBUKTIAN kali ini MENGECUALIKAN:
1. Akun facebook yang memang sengaja menyembunyikan wajah aslinya dan menggantinya dengan gambar lain, semisal pemandangan, bunga, kartun dsb. Karena hal tersebut merupakan privasi masing-masing individu pemilik akun, dan saya sangat mengerti dan memaklumi akan yang demikian.
2. Akun facebook yang menggunakan foto artis terkenal pada foto profilnya, misalnya foto Ariel Peterpan, Luna Maya, dsb. Karena dengan foto-foto artis terkenal tersebut tentu saja semua orang akan tahu kalau foto itu bukan miliknya, jadi tidak ada kebohongan publik di sini.

Kalau begitu, siapakah target pembuktian kita ?
Mereka adalah orang yang dengan sengaja memasang foto cakep, cantik, seksi dll (bukan artis terkenal, khususnya di Indonesia) untuk mengelabui orang lain. Dengan tujuan agar orang lain mengira kalau foto pada profilnya itu adalah dirinya.

Lantas apakah salah orang melakukan itu ?
Tidak salah 100 %, itu adalah hak mereka, namun jika dibiarkan akan menimbulkan banyak korban, oleh karena itu tujuan pengujian di sini adalah sekedar pembuktian agar supaya mereka yang belum menjadi tahu, tidak tertipu dan tidak menjadi korban.

Ok, saya rasa cukup basa-basinya, kita langsung ke TKP.. :)

Pengambilan data dilakukan tanggal 12 Oktober 2011, sehingga saya tidak menjamin dikemudian hari mereka tidak mengganti foto profil mereka, apalagi setelah tahu artikel saya ini :) , bahkan mereka bisa langsung menutup akun mereka ;) .

Target 01
Nama akun facebook : Eirene Celia
Biodata di akun facebook:
  • Bekerja di Phillip
  • Dulu sekolah di binus
  • Tinggal di Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Dari Kota Surabaya
  • Lahir tanggal 18 Juni 1981
Foto profil saat pengambilan data (12 Oktober 2011) :

Urutan langkah pembuktian :
01. Silahkan buka www.google.com (lihat pembahasannya di sini)
02. Buka akun target pertama kita atau klik ini
03. Setelah ke dua site terbuka dengan sempurna (dibuktikan dengan tanda loading sudah hilang), maka klik foto profil Eirene Celia,
04. Drag n drop foto profil, arahkan ke situs Google yang telah diaktifkan penelusuran gambarnya (lihat pembahasannya di sini)

05. Setelah muncul petunjuk untuk melepaskan dari google, maka lepaskan drag tadi:

06. Biarkan om Google berpikir sejenak... dan ini hasilnya..

07. Nah.. ternyata foto profil Eirene Celia sudah tersebar di internet, ada sekitar 9.680 hasil dalam 0,70 detik !!, coba kita klik salah satu link yang terdapat di situ, ini hasilnya:

dan ketika  kita gulung site itu, agak kebawah terdapat foto yang cocok 100% dengan foto profil Eirene Celia :

 Dan ternyata foto itu adalah milik Keiko Kitagawa, seorang aktris jepang, ini profil Keiko Kitagawa di situs: http://id.wikipedia.org/wiki/Keiko_Kitagawa:
Keiko Kitagawa (北川 景子 Kitagawa Keiko?, lahir 22 Agustus, 1986) adalah aktris asal Jepang yang dulu berprofesi model. Ia adalah model eksklusif untuk majalah Jepang Seventeen dari akhir 2003 sampai pertengahan 2006. Pengalaman akting pertamanya adalah sebagai Sailor Mars dalam tayangan live-action Sailor Moon berjudul Pretty Guardian Sailor Moon (2003-2004), dan setelah perannya dalam film Mamiya Kyōdai, ia meninggalkan dunia model untuk berkonsentrasi pada dunia akting. Ia tampil di beberapa film, termasuk The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006) dan Handsome Suit (2008), dan menjadi peran utama dalam Drama TV Mop Girl (2007), Homeroom on the Beachside (2008), dan Buzzer Beat (2009).
Bandingkan dengan profil Eirene Celia yang mengakui wajah Keiko Kitagawa .

Mungkin Anda akan protes, karena ternyata Eirene Celia memakai wajah artis, katanya artis adalah pengecualian ??
Benar, namun bukankah Anda tidak kenal dengan artis tersebut? bukankah artis tersebut tidak begitu ngetren di Indonesia? jadi, menurut saya apa yang dilakukan Eirene Celia adalah kebohongan publik. namun jika Anda kenal dan ternyata saya yang gk gaul, saya mohon maaf :$ kita lanjut ke Target 2.. :)

Target 02
Nama akun facebook : Silvy Andinie
Biodata di akun facebook:
  • Bekerja di Martha Tilaar
  • Belajar di Stanford University
  • Tinggal di Surabaya, Indonesia
  • Dari Kota Madiun
  • Lahir tanggal 29 Desember 1988
Foto profil saat pengambilan data (12 Oktober 2011) :

Langkah berikutnya tidak perlu saya jelaskan satu per satu, karena saya yakin Anda mempunyai ingatan yang kuat :) . Kita langsung lihat hasilnya di Google. Ini hasilnya...

Ternyata ada sekitar 703 hasil dalam 0.99 detik !!, pada hal jika kita cek foto pada akun facebook Silvy Andinie, cuma terdapat 2 (dua) foto dan itu pun sama ?? sehingga foto tersebut jelas bukan milik Silvy Andinie, Anda tahu mengapa ??, silahkan Anda telusuri sendiri, kira-kira siapakah foto berjilbab tersebut.. Langsung ke target 03.. :)

Target 03
Nama akun facebook : Dewie Novalinda
Biodata di akun facebook:
  • Bekerja di PT MULTIBKR
  • Sekolah di UPI
  • Dari Seremban
Foto profil saat pengambilan data (12 Oktober 2011) :

Lihatlah, betapa banyak teman-temannya mengagumi kecantik foto di profilnya :

Sekarang, saatnya kita minta bantuan om Google untuk melacak, siapakah dia ??

hmmmm... sesuai dugaan kita, foto-foto tersebut sudah tersebar di dunia maya, ada sekitar 263 hasil dalam 0,19 detik !!. Coba kita klik link ke dua dari gambar di atas (ini linknya: www.facebook.com/vikadc), mungkinkah ini pemilik asli foto cantik itu ??

Nah, sekarang tampak sebuah akun facebook baru yang menampilkan foto profil yang sama, namanya Vika Gadies Jogja. Eits.... jangan percaya dulu, jangan-jangan akun facebook yang ini juga palsu. Sekarang mari kita berkeliling untuk melihat-lihat foto-foto Vika Gadies Jogja. Ini hasilnya:

Di situ terdapat koleksi foto-foto Vika Gadies Jogja yang mirip, sehingga jelaslah bagi kita, siapakah yang palsu, Dewie Novalinda yang palsu ?? atau Vika Gadies Jogja yang palsu ??

Silahkan Anda membuat pembuktian lain.. Sekian..


2 komentar:

  1. kalau fotonya yang di profil palsu tapi pas search foto yang lain hasil tidak ditemukan apakah kemungkinan asli ?karena antara foto profil dengan yang disimpan dialbum mirip tp setelah di cari hasilnya satu palsu satu tidak ditemukan gimana ?mohon tanggapannya mimin ..

    BalasHapus