AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

HAKEKAT MAHASISWA
Kelompok ilmiah akademik  rasional, kritis, terbuka, aset nasional, pemimpin masa depan, pribadi yang sedang berkembang.

Potensi Dasar Mahasiswa 
  1. Pemikir, tenaga ahli dan tenaga professional serta sekaligus sebagai penopang pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.
  2. Dijadikan panutan, tumpuan dan harapan para pelajar, pemuda dan masyarakat di sekitarnya.
  3. Memiliki kebebasan akademik yang memberi peluang untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui d.penguasaaan metode dan berbagai teori yang telah teruji kebenarannya..
  4. Intelektualitas dan motivasi yang tinggi untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

PERAN MAHASISWA SEBAGAI ASET BANGSA
a. Sebagai sivitas akdemika di perguruan tinggi: 
Memiliki  kebebasan akademik dalam rangka  pengembangan IPTEKS.

b. Sebagai unsur terpelajar dari generasi muda:
Peka terhadap masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk ikut serta dalam menanggulangi berbagai masalah masyarakat.

c. Sebagai warga negara yang telah dewasa:
 Memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya.

Besarnya SKS mata kuliah dimaknai sebagai :
  1. Seberapa banyak dan seberapa dalam bahan kajian/ materi ajar yang harus dipelajari oleh mahasiswa. (lebih tepat : tingkat penguasaan mahasiswa yang ingin dicapai).
  2. Waktu yang dibutuhkan agar mahasiswa dapat mencapai penguasaan/ kompetensi tersebut dengan metode pembelajaran yang dipilih.
  3. Besarnya peran dalam pencapaian kompetensi lulusan, yang ditunjukkan dengan perbandingan besarnya sks mata kuliah ini terhadap keseluruhan beban studi di tiap semester.

METODE

TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM DIPLOMA
Menurut SK Mendiknas No. 232/U/2000

D IDiarahkan pada hasil lulusan yang menguasai :
  • Kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, atau
  • Memecahkan masalah yang sudah akrab sifat-sifat maupun kontekstualnya di bawah bimbingan.

DII
Diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai :
  • Kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, atau 
  • Memecahkan masalah yang sudah akrab sifat-sifat maupun kontekstualnya secara mandiri, baik dalam bentuk pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya.

DIII
Diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai :
  • Kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun yang
  • Belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya,
  • Secara mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya, 
  • Serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar ketrampilan manajerial yang dimilikinya.

DIV
Diarahkan pada hasil lulusan yang menguasai:
  • Kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan profesional tertentu, termasuk ketrampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggung jawab mandiri pada tingkat tertentu,
  • Memiliki ketrampilan manajerial, serta mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan, dan teknologi di dalam bidang keahliannva.


__________________________
SUKO ISWAHYUDI, SE
(Dosen senior AMKOP "TANTULAR" MADIUN)

Suko Iswahyudi, SE

1 komentar:

  1. Ulasan berikutnya tentang KURIKULUM D3 MANAJEMEN KEUANGAN di kampus AMKOP “TANTULAR” MADIUN.. Nantikan.. :)

    BalasHapus