ANTARA SEBAB, AKIBAT DAN KEHENDAK ALLOH SWT

Sebab adalah sesuatu yang mendatangkan akibat, sehingga datangnya akibat tentu diawali dengan sebab. Dan yang demikian ini merupakan ketetapan dari Alloh SWT yang berlaku di maya pada ini. Mungkin pada perkara-perkara tertentu hukum sebab-akibat ini tidak berlaku, namun secara umum urusan makhluk berkaitan erat dengan masalah sebab dan akibat. Sehingga tida ada makhluk apapun (baik dari golongan manusia, jin, hewan dsb) dan makhluk manapun (baik di daratan, lautan, planet-planet dsb) yang mampu menggapai keinginan kecuali dengan hukum sebab dan akibat.

Di jagad raya ini tidak ada sebab yang sempurna yang bisamelahirkan akibat dengan sendirinya, namun semua itu aadalah karena kehendaak dari Alloh SWT. Kehendak Alloh SWT merupakan sebab bagi segala sebab. Sehingga kehendak-Nya merupakan kekuatan yang maha dahsyat yang selalu menuntun akibat. Tidak ada sebab apapun bisa melahirkan akibat dengan sendirinya melainkan pasti disertai kehendak Alloh SWT.


Alloh SWT menetapkan pada sebagian sebab hal-hal yang dapat menggaglkan akibat. Adapun kehendak Alloh SWT tidak membutuhkan sebab apapun kecuali kehendak-Nya sendiri. Karena memang Dia tidak bergantung dengan makhluk-Nya tapi makhluk-Nyalah yang selalu bergantung dengan-Nya.


Bila Alloh SWT telah menetapkan, maka tidak ada sebab apapun yang dapat melawan dan membatalkannya. Hanya kehendak-Nyalah yang mampu membatalkan kehendak-Nya. Dialah yang menghendaki sesuatu, kemudian menghendaki lawan yang bisa mencegah terjadinya. Jadi sebab adalah kehendak-Nya dan akibat adalah juga kehendak-Nya.


Hal inilah yang mengharuskan tiap-tiap hamba wajib memasrahkan diri (bertawakal) hanya kepada Alloh SWT. Wallohua’lam.

0 komentar: